Catatan Kecilku

Try to Out of The Box

Basic Syntax VB.net


VB. Net adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Dalam Object Oriented Programming (OOP) metodologi program terdiri berbagai objek yang berinteraksi satu sama lain melalui Action. Action yang dapat diambil objek disebut metode (methode). Objek dari jenis yang sama dikatakan memiliki tipe yang sama atau dikatakan memiliki kelas yang sama.

Ketika kita membuat program VB Net, maka dapat didefinisikan sebagai koleksi objek-objek yang berkomunikasi dengan memanggil (invoke) metode-metode lain. Secara singkat apa yang sebenarnya dilakukan oleh kelas (Class), objek (object), metode dan variabel ?

  • Objek (Object) : objek memiliki ciri/nilai properti (state) dan perilaku (behavior). Contoh: Seekor anjing memiliki ciri warna, nama, berkembang biak serta perilaku menggonggong, makan dll. Sebuah objek adalah instance dari kelas.
  • Kelas (Class) : Sebuah kelas dapat didefinisikan sebagai template / blue print yang menggambarkan perilaku.
  • Metode (Method) : Metode pada dasarnya adalah perilaku. Sebuah kelas dapat berisi banyak logika yang ditulis, manipulasi data dan semua tindakan yang dilakukan.
  • Variabel : Setiap objek memiliki sejumlah unik variabel instan. Sebuah state objek dibuat oleh nilai-nilai yang tercantum pada variabel-variabel instan.

Tinggalkan komentar

Information

This entry was posted on 26 Desember 2014 by in Belajar VB.net, vb.net and tagged , , , , , .
blog-indonesia.com
free counters
IP

Arsip